Langkah Tokyo Comic Con Melarang 'Crossdresser'

Rabu, 26 Oktober 2016

Langkah Tokyo Comic Con Melarang 'Crossdresser'


Crossplay Sering Disalahgunakan



Cosplay adalah sebuah budaya yang sudah tidak bisa terlepaskan dari dunia otaku dan sekitarnya. Seiring dengan berjalannya waktu, para cosplayer semakin lama semakin kreatif sampai beberapa dari mereka mungkin bosan dengan cosplay berkelamin sama dan mulai mencoba untuk crossplay di dunia nyata. Dalam Dunia 2Dcrossplay tentu masih dapat diterima, apalagi kalau yang menjadi trap itu imut, namun tidak di acara Tokyo Comic Con tahun ini.


Sebuah langkah besar diambil oleh acara Tokyo Comic Con. Langkah ini mungkin bisa dianggap sebagai langkah yang cukup kontroversial, karena saya yakin akan ada beberapa protes, terutama dalam hal pembatasan kreativitas; namun mungkin ini untuk yang terbaik.


Peraturan baru yang masuk dalam panduan resmi cosplay ini bergabung dengan peraturan ketat lainnya seperti tidak boleh menggunakan kostum militer asli, menampilkan bagian kulit secara berlebihan dan menggunakan kostum transparan. Yang menimbulkan kontroversi adalah larangan yang diunggah dalam peraturan tersebut berbunyi: 男性による女装は禁止です.

Artinya "para pria tidak boleh memakai kostum yang menyerupai wanita"Salah satu fotografer Jepang, Naoko Tachibana, angkat bicara mengenai keputusan ini. Dia menilai bila kebijakan baru ini diambil atas dasar kepentingan komersil. Fotografer yang mendalami masalah LGBT ini menganggap acara tersebut melarang para crossplayer supaya tidak mengundang cosplayer yang tidak menarik. Para staf takut akan datangnya banyak pria-pria yang ‘kurang menarik’ datang dan berpakaian seperti wanita.


Bagaimana menurut kalian? Masuk akal? (BBJ)

Baca Juga :

CERPEN - Satu Cinta Dua Dunia
ARTIKEL - Klorofil, Bapak Dari Semua Makanan

7 komentar :

  1. menurut saya si bagus juga , soal nya kan rada jijik juga kalo liat cowok pake cosplay cewek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi anehnya ada yg pke baju cewek ga keliatan klo itu cowok. Kan menipu wkwk

      Hapus
  2. Hamm..
    Susah juga sih. Setiap org punya pandangan masing2. Tapi, saya pribadi tidak setuju dg aturan baru itu. Karena ada beberapa cowok yang memang dasarnya bishounen.. cowok yang memang lebih imut dari cewek. Selama dia hanya memerankan nya saya rasa itu tidak apa2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia 'trap' nya. Cowok crossdresser malah jadi imut ..

      Hapus
  3. please tolong cowok costplayer itu jgn jdi saingan gue di real life

    BalasHapus
  4. please tolong cowok costplayer itu jgn jdi saingan gue di real life

    BalasHapus
  5. Bagus aturannya karena sedikit aneh sih kalo liat cowo pakai cosplay cewek menurut saya...

    BalasHapus